JAKARTA, Humas BPK – Menyemarakkan rangkaian peringatan HUT ke-76, BPK menggelar public awareness dengan memanfaatkan kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman, di Jakarta, Minggu (15/1). Dengan tema “Makin Kuat, Makin Hebat” BPK mengajak pengunjung CFD untuk lebih mengenal tugas dan fungsi BPK dalam mengawal harta negara.

Selain menjadi bagian dari program peningkatan kesadaran publik tentang peran dan tugas BPK, kegiatan ini juga merupakan bagian dari strategi BPK agar lebih dekat dengan masyarakat. CFD dipilih agar BPK dapat menjangkau masyarakat luas di ruang publik dari berbagai usia, latar belakang pendidikan, juga pekerjaan, khususnya anak-anak muda yang marak menggunakan media sosial.

Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, mengatakan masyarakat banyak yang masih belum mengenal BPK, baik terhadap institusi maupun tugas dan fungsinya. Oleh karena itu, menurutnya kegiatan ini perlu ditingkatkan dan dilakukan secara rutin.

“Kita harus masukkan kegiatan ini untuk menjadi bagian dari sosialisasi terkait BPK, dan tidak hanya pada HUT BPK, namun dijadikan strategic process yang dilakukan per triwulan bahkan tiap bulan,” ungkapnya.

Senada dengan Wakil Ketua BPK, Anggota V BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V, Ahmadi Noor Supit, berharap agar kegiatan serupa dapat lebih ditingkatkan lagi. Menurut Anggota V BPK, dengan kegiatan sosialisasi yang dikemas secara ringan, masyarakat dapat menilai bahwa BPK bukanlah instansi yang kaku.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat positif yang harus kita lanjutkan, sehingga kita -BPK dan masyarakat- bisa bersilaturahmi dengan baik,” jelasnya dalam kegiatan yang juga dihadiri Ketua BPK, Isma Yatun, Anggota II BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara II BPK, Daniel Lumban Tobing, Anggota VII BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VII BPK, Hendra Susanto, dan Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif.

Dalam kegiatan ini BPK menyosialisasikan berbagai media komunikasi yang memudahkan masyarakat lebih dekat dengan BPK. Salah satunya melalui e-PPID, yang dapat diakses melalui gawai yang dimiliki setiap orang. Selain itu masyarakat dikenalkan pada media sosial BPK, yaitu Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, Tiktok, dan website resmi bpk.go.id serta portal berita wartapemeriksa.bpk.go.id.

“Ini adalah acara perdana BPK di tahun 2023 yang melibatkan secara langsung masyarakat luas. Dalam acara ini BPK ingin mengenalkan tugas-tugasnya kepada masyarakat sambil olahraga bersama,” ujar Kepala Biro Humas dan KSI, R. Yudi Ramdan.

“BPK adalah lembaga yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri. BPK bukan lembaga penegakan hukum, melainkan lembaga pemeriksa yang independen dalam melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan negara,” jelasnya menambahkan.